Mengungkap Fakta di Balik Fenomena Intelijen

Ada apa sebanarnya dibalik intelijen …………? Mengapa, ketika mendengar kata ‘intelijen’ atau “intel”, banyak orang yang malah merasakan ketakutan? Bahkan tidak sedikit orang yang bersikap apriori terhadap keberadaanya.  Lantas makhluk apa sebenarnya intelijen itu? Padalal kalau kita telusuri dari makna katanya, “intelijen” berasal dari bahasa Inggris yaitu “intelligence” yang artinya kecerdasan ……. Akhirnya muncul pertanyan dalam benak saya pantaskah intelijen itu kita takuti? “Kecerdasan” seperti apa yang bisa membuat kita takut? Melalui Blog ini, mari kita jawab pertanyaan tersebut dari sudut pandang “keilmuan” dan “seni” sehingga dapat terungkap dengan jelas fakta di balik fenomena intelijen ……. Mengapa ada orang yang takut terhadap “intelijen”? Apa yang membuat “intelijen” ditakuti? Siapa saja yang seharusnya takut terhadap “intelijen”? dan tentunya masih segudang pertanyaan lain tentang intelijen.

4 Komentar

  1. intelijen menurut pengertian banyak orang bukan intelligence yang artinya kecerdasan
    karena intelligence yang artinya kecerdasan semua orang ingin memiliki kecerdasan tersebut. Menurut saya yang dimaksud intelijen menurut mereke adalah intelijen yang artinya dinas rahasia. orang yang bertugas dalam dinas rahasia tersebut disebut intel

  2. Yap … Mbak Rika. Justru itu, pertanyaan yang muncul adalah adalah kenapa harus takut sama “intel”; Bukankah “intel (dalam arti dinas rahasia)” itu ada justru untuk mengemban tugas pengamanan negara dan juga rakyatnya. Artinya, selama kita tidak berniat untuk mengganggu kemaanan tidak perlu muncul ketakutan. Justru seharusnya kita merasa nyaman karena ada mereka (intel) yang turut mengamankan kita dari ancaman.

    • Bukan takut saja. Mungkin juga tidak suka. Kenapa bisa demikian? Ya mbisa jadi karena pengalaman masa lalu. Kan pepatahnya tak mungkin ada asap jika tidak ada api

  3. takut ???… intel malah jadi hiburan tersendiri….aparat intelijen sering bertindak overacting, terang-terangan menunjukkan dirinya sebagai intel. hal itu sering kali jadi bahan olok”an warga. intel melayu.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s